Transcription

LAMPIRANLampiran I : Draft WawancaraA. Draft Wawancara Kepada Subjek1. Pertanyaan untuk menggali identitas dan karakter subjek-Nama lengkap atau nama panggilan-Tempat, bulan, tahun lahir-Pendidikan terakhir-Pekerjaan saat ini-Hobi-Aktifitas yang dilakukan sehari hari2. Gambaran ta’aruf di akun ta’aruf.islami-Sudah berapa kali anda melakukan ta’aruf di akun ta’aruf.islami dandiluar ?-Apa latar belakang yang membuat anda memutuskan ta’aruf di akuntaaruf.islami ?-Sejak kapan anda memulai untuk berta’aruf di akun ta’aruf.islami?-Berapa lama menjani proses ta’aruf saat ini dan sebelumnya?3. Pertanyaan untuk menggali bagaimana subjek berta’aruf-Bagaimana proses ta’aruf anda saat ini?-Sudah sampai pada tahapan mana ta’aruf anda (nadzor,khitbah,proses nikah)?-Apa yang anda bicarakan saat berta’aruf?-Mengapa anda membicarakan hal tersebut?-Apa hal yang tidak anda bicarakan kepada pada pasangan ta’arufanda?-Bagaimana anda dapat percaya dengan pendapat pasangan ta’arufanda?-Hal apa yang ingin anda bicarakan sebagai kesepakatan jika nantimenjadi pasangan?95

-Dalam situasi dan kondisi seperti apa anda akan melanjutkan/tidak keproses selanjutnyaB. Draft Wawancara Kepada Pemilik Akun1.Pertanyaan untuk mengetahui identitas pemilik akun-Nama lengkap dan nama panggilan-Tempat, bulan, tahun lahir-Riwayat Pendidikan-Status-Pekerjaan saat iniPertanyaan untuk pengetahuan terkait akun ta’aruf.islami2.3.-Bagaimana latar belakang akun taaruf.islami dibentuk?-Apa tujuan, dari akun tersebut?-Sejak kapan adanya akun tersebut?-Apakah ada layanan yang berkaitan dengan akun tersebut?-Dimana lokasi / kantor taaruf.islami?-Bagaimana struktur organisasi ini?-Apa fungsi dan tugas dari struktur tersebut?-Bagaimana strategi untuk mengenalkan ta’aruf online ini secara luas?Pertanyaan untuk mengetahui proses ta’aruf online-Bagaimana proses atau tahapan yang jika ingin melakukan ta’aruf?-Apa perbedaan dari form 1, 2 dan 3 pada pendaftaran?-Apa saja aturan – aturan setelah dibuatkan grup?96

Lampiran II : CV Form 1&2 Peserta Ta’arufA. Subjek 1 : SandiForm 1 : SandyJenis kelaminTahun lahirAnak ke/dariTinggi/berat badanWarna kulitPekerjaanStatusSukuKota asalDomisiliPendidikanHobiRokokHal yang disukaiHal yang dibenciSifat positifSifat negatifRiwayat penyakitHafalan Al-QuranShalat wajibIbadah sunahKarakter target-status target :-domisili :-suku :-usia :-fisik :-pendidikan minimal :Visi misi rumah tanggaTarget menikahTahun & bulanMemakai cadarBermanhajKonsep pernikahan : resepsimewah/sederhana/akadsaja tanpa resepsiPersiapan ilmuPersiapan mentalPersiapan tabunganCatatan lainLaki - laki19962 dari 3 bersaudara170/78Sawo MatangKaryawan swastaSingleLampungBandar LampungLampung TengahS1 teknik informatikaTraveling, Futsal, Game, NgajiTidakFutsalOptimis, kerja keras, sabarTerlalu khawatirTidak adaBeberapa surat5 waktuMasih usahasinglebebas (kalo bisa dekat lampung)bebas22-30 tahunNormal tidak cacatS1Menjalin rumah tangga yang Sakinah, mawadda,warohmaAkhir tahun 2020NUKondisionalSiapSiapAda-97

Skala serius menikah (isiantara 1-10)Motivasi menikahMotivasi daftar T.IBerhijrah mulai tahun9/10Ingin menjalankan sunnahRekomendasi dari teman2019Form 2 : SandyTempat/Tanggal LahirPendidikan FormalPendidikan non FormalPrestasiPengalaman OrganisasiPengalaman kerjaKeahlian khususMotto HidupMakanan & minumankesukaanTempat mengajiDeskripsi aktifitaskeseharianPerilaku tidurKeturunan yang diinginkanTempat tinggal yangdiinginkanAktifitas/karakter/sifat :ibu:ayah :kakak:adik:25 Maret 1996Sarjana KomputerInternal kampusKaryawan swasta perusahan makanan & minumanJangan menyerah sebelum dilakukanApa aja sukaKajian onlineBekerja, akhir minggu jalan dan mengerjakan tugaskantor, ngaji dan nongkrongNormalAnak yang sholehMenyesuaikan tempat kerja,Optimis, penyayang/ baik dan suka bergaulPekerja keras, ambisiusPenyayang, lemah lembutSuka berkreasi dan jalan – jalanB. Subjek 2 : AishaForm 1 : AishaJenis kelaminTahun lahirAnak ke/dariTinggi/berat badanWarna kulitPekerjaanStatusSukuKota ing langsatMahasiswiSingleJawaJombangMalangSedang menempuh S1Membaca98

RokokHal yang disukaiHal yang dibenciSifat positifSifat negatifRiwayat penyakitHafalan Al-QuranShalat wajibIbadah sunahKarakter target-status target :-domisili :-suku :-usia :-fisik :-pendidikan minimal :Visi misi rumah tanggaTarget menikahTahun & bulanMemakai cadarBermanhajKonsep pernikahan :resepsimewah/sederhana/akadsaja tanpa resepsiPersiapan ilmuPersiapan mentalPersiapan tabunganCatatan lainSkala serius menikah(isi antara 1-10)Motivasi menikahMotivasi daftar T.IBerhijrah mulai tahunDiskusi, fashion, bermain sosmed, mendaki gunung,Cacing, kecoa, berisik,Bisa bergaul dengan mudah, jujur, open minded, sayangkekuarga, suka belajar masak,Mageran, terkadang tidak disiplin, pelupaTifus dan asmaSebagian juz 305 waktuTerkadang puasa senin kamis, sholat tahajud, terkadangsholat dhuhaSingleMalang/Jombang/Banyuwangi/BandungJawa, sunda, european25-28Tinggi, kuning langsat/putih, rambut cepak, tidak kurusatau gemuk, alis tebal, mancung, tidak merokokS1Visi: Bisa membangun keluarga yang sakinahmawaddah warrahmah, membimbing keluarga ke syurgaMisi : saling mengingatkan, terbuka, jujur, berusahamenjadi lebih baik dari hari kemarin, saling menjagaSebelum 2021 bulan SyawalIya saya memakai cadarNUKalau bisa akad saja tanpa resepsiSudah membaca buku2 tentang pra nikah, mengikutikajian2 pra nikahSiapBelum ada8Ingin menyempurnakan agamaIkhtiar2018Form 2 : AishaTempat/Tanggal LahirPendidikan FormalPendidikan non FormalPrestasiPengalaman OrganisasiPengalaman kerja13 April 1998SD, SMP, SMA, sedang menempuh S1Mengikuti pelatihan standarisasi guru TPQOSIS, Panitia SPV kuliah tamu dan gatheringGuru PAUD 2 tahun99

Keahlian khususMotto HidupMakanan & minumankesukaanTempat mengajiDeskripsi aktifitaskeseharianPerilaku tidurKeturunan yangdiinginkanTempat tinggal yangdiinginkanAktifitas/karakter/sifatibu:ayah :kakak:adik:Mengajar mengajiMenjadi pribadi yang lebih baik dari hari kemarinYang penting halal dan tidak mengandung timunDi rumah/kosKuliah dan bekerja menjadi admin olshopTidur menghadap kekanan2 anak kembar, laki2 perempuanRumah sendiri di perumahanMengajar ngaji/keras kepala, tegas,baik/jujur, disiplinBerdagang/tegas/keras, fleksible1 Kuliah, 2 sekolah/ mandiri/ tegas,C. Subjek 3 : MalaForm 1 : MalaJenis kelaminTahun lahirAnak ke/dariTinggi/berat badanWarna kulitPekerjaanStatusSukuKota asalDomisiliPendidikanHobiRokokHal yang disukaiHal yang dibenciSifat positifSifat negatifRiwayat penyakitHafalan Al-QuranShalat wajibIbadah sunahKarakter targetPerempuan19943 dari 3 bersaudara150/60Kuning langsatKaryawan swastaBelum pernah menikahJawaMalangMalangS1 Ilmu KomunikasiMasak, membuat podcast, menulis di blog, nonton film,traveling dan kulineranTidakKomunikasi yg baik dan sabarMudah emosi dan bersikap serta bertuturkata kasarLoyalitas, berpendirian teguh, pantang menyerah danselalu ceriaMoody, sensitive dan grusah grusuhTBC kelenjar dan Bronkitis kronisSurah2 pendekYaYaTidak pernah menikah100

-status target :-domisili :-suku :-usia :-fisik :-pendidikan minimal :Visi misi rumah tanggaTarget menikahTahun & bulanMemakai cadarBermanhajKonsep pernikahan :resepsimewah/sederhana/akadsaja tanpa resepsiPersiapan ilmuPersiapan mentalPersiapan tabunganCatatan lainSkala serius menikah (isiantara 1-10)Motivasi menikahMotivasi daftar T.IBerhijrah mulai tahunBebasBebasBebas26-35Lebih tinggi dr saya dan cukup sehatS1Mewujudkan rumah tangga yg bahagia, tenang dan diridhoi oleh AllahBebasTidakIslam Sunni sesuai perintah Allah dan tuntunan nabiMuhammad SAW, yang damai dan mendamaikanTergantung keluarga dua belah pihakKalau dr keluarga saya cukup akad tanpa quadeSelalu mengaji dan mengikuti ust fahrudin faiz, KhQuraisy Shihab, dan buya yahya, serta buya HuseinMuhammadCukup siapSedang mengumpulkanApapun itu bisa dikomunikasikan8Kewajiban , ketenangan, belajarMendapatkan pasangan yg sekufuMulai kecilForm 2 : MalaTempat/Tanggal LahirPendidikan FormalPendidikan non FormalPrestasiPengalaman OrganisasiPengalaman kerjaKeahlian khususMotto HidupMakanan & minumankesukaanTempat mengajiMalang, 21 mei 1994S1Juara presenter se malang raya 2010Juara karya ilmiah lalu lintas se malang raya 2011Peserta olimpiade kejuruan IT jawa bali 2011Keagaaman, Jurnalistik, broadcasting, himpunanjurusanDari tahun 2011 agency pr2015 di bidang jurnalistik2017 hospitalitty2017 akhir maketing2018 hingga sekarang markettingMenulisSelalu ulet dan tekunBuah2an, minuman yg menyegarkanDarul qur'an101

Deskripsi aktifitaskeseharianPerilaku tidurKeturunan yang diinginkanTempat tinggal yangdiinginkanAktifitas/karakter/sifat :ibu:ayah :kakak:adik:BekerjaSetelah subuh hingga pkl 8 pagiBebas jika di karunia semoga yg sholeh maupunsholehaTidak tergabung dgn org tua, harus mandiriEasy going, seperti temanKerasSerius dan pendiamTidak punya adikD. Subjek 4 : RickyForm 1 : RickyJenis kelaminTahun lahirAnak ke/dariTinggi/berat badanWarna kulitPekerjaanStatusSukuKota asalDomisiliPendidikanHobiRokokHal yang disukaiHal yang dibenciSifat positifSifat negatifRiwayat penyakitHafalan Al-QuranShalat wajibIbadah sunahLaki - laki19902 dari 3 bersaudara155/60Kuning arjana Farmasi Profesi ApotekerKoleksi gundam, Traveling, naik gunung, main gameBaca buku, jalan - jalanMembuang waktuBerbakti kepada orang tua, rajin,Kepedulian sosialnya rendahRambut rontokYaYaYa102

Karakter target-status target :-domisili :-suku :-usia :-fisik :-pendidikan minimal :Visi misi rumah tanggaTarget menikahTahun & bulanMemakai cadarBermanhajKonsep pernikahan : resepsimewah/sederhana/akad sajatanpa resepsiPersiapan ilmuPersiapan mentalPersiapan tabunganCatatan lainSkala serius menikah (isiantara 1-10)Motivasi menikahMotivasi daftar T.IBerhijrah mulai tahunsesuai visi misisinglebebasbebas24-30bebasS1Membangun keluarga yang dekat dengan syariatislam2020Sesuai Al – Qur’an dan sunnahResepsiCukup baik untuk persiapan menikahSiapAdaMencari istri yang fleksibel dalam pekerjaan dandomisili9Sudah siap dalam segala halMencari pasangan yang sesuaiSMAForm 4 : RickyTempat/Tanggal LahirPendidikan FormalPendidikan non FormalPrestasiPengalaman OrganisasiPengalaman kerjaKeahlian khususMotto HidupMakanan & minumankesukaanTempat mengajiDeskripsi aktifitas keseharianPerilaku tidurKeturunan yang diinginkanTempat tinggal yangdiinginkanBanjarmasin, 16 Desember 1990SarjanaBaik dalam hal akademikKetua Bulan Sabit Merah Indonesia cabangSurabayaApoteker di perusahaan produsen obatApoteker di BUMNHidup itu pasti ada tinkungannya, dilewatin ajaMakanan/minuman yang mempunyai rasa durianDi rumah, kajian di masjid, online via youtubeSelain kerja, mengurusi orang tua di rumahNormalYang berbakti pada orang tua dan berguna bagiorang sekitarDimana saja sesuai penempatan kerja103

Aktifitas/karakter/sifat :ibu:ayah :kakak:adik:IRT/Perhatian, terkadang berlebihan/mementingkankeluargaPensiunan BUMN/ambisius/terencana, sayangkeluargaKerja/ambisius/terencana, kurang perhatian samakeluargaMahasiswa/cerdas/malasE. Subjek 6 : LiaForm 1 : LiaJenis kelaminTahun lahirAnak ke/dariTinggi/berat badanWarna kulitPekerjaanStatusSukuKota asalDomisiliPendidikanHobiRokokHal yang disukaiHal yang dibenciSifat positifSifat negatifRiwayat penyakitHafalan Al-QuranShalat wajibIbadah sunahKarakter target-status target :-domisili :-suku :-usia :-fisik :-pendidikan minimal :Visi misi rumah tanggaTarget menikahTahun & bulanMemakai cadarBermanhajKonsep pernikahan : resepsimewah/sederhana/akad sajatanpa resepsiPerempuan19911 dari 3 bersaudara150/53Kuning langsatDistribusi obat – obatanSingleBanjarBanjarmasinBanjarmasinSarjana ApotekerBaca bukuTidak spesifikLemah lembut, ramah, rajinTerlalu lembekYaYayaLaki – laki yang penyayangSingleBanjarBebasBebasTidak spesifikSarjanaDibimbing dengan baik2020TidakMuhammadiyahSesuai kondisi, tidak memaksa yang pasti akad104

Persiapan ilmuPersiapan mentalPersiapan tabunganCatatan lainSkala serius menikah (isiantara 1-10)Motivasi menikahMotivasi daftar T.IBerhijrah mulai tahunOkeOkeAda9Menghindari fitnahAkunnya amanah dan jelasDari kecilForm 2 : LiaTempat/Tanggal LahirPendidikan FormalPendidikan non FormalPrestasiPengalaman OrganisasiPengalaman kerjaKeahlian khususMotto HidupMakanan & minumankesukaanTempat mengajiDeskripsi aktifitas keseharianPerilaku tidurKeturunan yang diinginkanTempat tinggal yangdiinginkanAktifitas/karakter/sifat :ibu:ayah :kakak:adik:Banjarmasin, 14 Maret 1991Sarjana Profesi ApotekerHafal15 juzKantor distribusi obatMelakukan yang terbaikBebasDarul Qur’anKerjaNormalDapat bermanfaatBebasPedagang/ pekerja keras/disiplinPedagang/ pekerja keras,pendiam, serius/disiplinSuka bergaul/ceria pemalu, tidak percaya diri105

Lampiran III : Transkrip WawancaraA. Transkip Wawancara Subjek 1Subjek 1 : SandiHari/Waktu : Jum’at, 3 Juli 2020 / 21.30 WIBMedia : TelponPertanyaan Gambaran Ta’arufJawaban SubjekSudah berapa kali anda melakukan Mulainya berawal dari bulan maaret, akuta’aruf di akun ta’aruf.islami dan diluar ? daftaar di forum itu trus dapet ee apa,nyoba ke adminnya ngisi CV dan segalamacem kemudian transfer buat biayaadminnya. Terus nama aku di posting.Entah selang dua tiga hari dari adminsendiri nge wa ada nomer sekian maungajak kamu ngini, terus setelah itu akucoba. Untuk chatinggan sih 4 hari ajakarna aku kerja sih. Seiiring berjalan nyawaktu kontekan dan lebih enak jugadaerah masih Bandar lampung juga.Setelah itu, mungkin dia liat biodata kudan segala macam. Setelah ituketemuan kita ngobrol.*setelah pertanyaan selanjutnya,kemudian peneliti menengaskanpertanyaan “berarti ini baru pertamakalinya ta’aruf?”Subjek menjawab : iyaa baru pertamakalinya ta’arufApa latar belakang yang membuat anda Awalnya saya gagal, saya lulus darimemutuskan ta’aruf di akun taaruf.islami SMA – Kuliah, pacaran beberapa?tahun itu ngabisin waktu. Kadang kitagak baik juga kan pacaran lama – lama,ujungnya ini bikin kita gak baik. Terusaku tetep coba buat deketin seseorangdan segala macam ujungnya – ujungnyadari pacararnnya itu ga ada. Akhirnyadari situ aku mulai serius. Aku berusahamulai meyakinkan klo aku mencari jodoh106

di forum itu, karna tujuaanya ta’aruf ituserius mau menikah.Sejak kapan anda memulai untuk Mulainya dari bulan maret, tepatnya 20berta’aruf di akun ta’aruf.islami?Maret diposting. Setelah 4 hari dihubungi melalui admin. Aku ulang tahuntanggal 25, dia tanggal 24Berapa lama menjani proses ta’aruf saat ketemu nya di hari libur hari sabtu.ini dan sebelumnya?Chatting itu 4 – 5 hari. Trus dari selasaaku kenal dia, aku usaha buat nemuaindia. Kita makan bareng dan sebenernyakenalan diri liat karakter, bentuk fisik,jalan. Ya untungnya kita satupemahaman, satu suku dari awalnya,asik orangnya.*jika di hitung dari tanggal 24 maret – 3juli, waktu untuk berproses untuk ta’arufsekitar 3 bulan 1 mingguPertanyaan Subjek Berta’arufJawaban SubjekBagaimana proses ta’aruf anda saat ini? Sebulan setelah berkenalan, nenek akuitu masih kawan masih berbau deketsama neneknya dia. Nenek aku dulu adausaha di toko besar di tahun 80an itu.Dan ternyata neneknya kenal samanenek aku, sampek mukul aku bilang“oh ternyata aku cucunya ini ya”.akhinya dari situ, bibinya itu nyuruh bibiaku kerumah buat main dan ternyataudah kenal sampe kangen – kangenan.Dulu itu Ibunya itu sering main kerumah,masih saudara satu suku, sering makanbareng kalo ada acara, sebenernya ibuaku sama dia juga kawan sama kawanjadi klo ada acara kumpul. Dari situ kitamakin deket.Waktu aku sudah kenal samakeluarganya aku diajakin. Awal ketemuorang tuanya tuh ayahnya malu yaketemu aku, mungkin karna penyakitnyaitu. Selang aku main kerumah lagibapaknya dateng dengan ngeberaniin,107

dengan kondisi kayak gitu ya yang gabisa ngomong. Trus dia ngomong sih keaku “nanti kalo ada apa – apa, papasembuh mungkin mau ngelanjutin lagiyang lebih serius”. Akhirnya kitabersabar.Aku sering ngasih bingkisan ke dia. Akukan dari kantor distribusi makanan danminuman ya jadi sering bawa – bawanproduk – produk dari kantor, waktulebaran kemarin juga ngasih parcel.Sampai calonnya bilang “kamu sayangsama aku, tapi kamu sayang keluargaku juga” aku juga.Lebaran yang kedua aku bawa mamahke rumahnya dia. Subuhnya diangabarin kalo bapaknya di panggil.Waktu itu aku bantu ya sampe pagi jam9 terus aku balik karna ada urusan danudah ijin juga kalo misalnya bakal kesitulagi. Sampai waktu itu kita belum adaobrolan ya karna lagi berduka. Waktu itujuga pas banget mantanya yangsaudara nya dia itu datang ngelayat danngehibur dia. Calon aku minta maaf, dannyeritain ini mantanya. Aku ngobrolsama mantanya itu.Gak lama setelah ayahnya meninggalitu, calonnya ngabarin kalo masih ragudan ingin menenangkan diri,sempetdiskusi juga enaknya gimana. Tapi daribibi dan adeknya masih memberikansupport dan mengajak untuk datang kerumah. Malam senin nanti nanti 40 harinya aku baru bisa tau responnya diauntuk melanjutkan atau enggakSudah sampai pada tahapan mana aku sudah bertemu sama mbak nya,ta’aruf anda (nadzor,khitbah, proses kebetulan juga ternyata neneknya itunikah)?kenalan saya. Keluarganya juga108

Apa membicarakansaathalApa hal yang tidak anda bicarakankepada pada pasangan ta’aruf anda?Bagaimana anda dapat percaya denganpendapat pasangan ta’aruf anda?Hal apa yang ingin anda bicarakansebagaikesepakatanjikanantimenjadi pasangan?mendukung hal baik ini. Kalo sekarangmasih menunggu keputusan khitbahnyaaja. Doakan semoga dapat kabar baikya mbak.Aku punya impian ya sama dia, akupingin usaha, dia juga bilang mauberkarir, dia juga bilang kalo misalnyanikah nanti mau deket sama ibunya. Akugpp, mungkin dia takutnya ikut suamiterus kalo udah nikah. Sementara untuktempat tinggal nanti bisa sama orang tuadulu nanti bangun pelan – pelantanahnya. Kebetulan aku ada tanahkosong gitu mbak. Selain itu ee.apa yaambak, banyak sih. Kita bicarain impian –impian masa depan mau gimanamasalah pernikahan nanti, terus aktifitasibadah juga, saya udah tau gaji diaberapa dan dia juga sudah tau gaji saya,ngobrolin keluarga, mau nya juga setiapbulan gitu sedekah ya buat anak – anakyatim piatu.yaa pengen tau aja mbak, sekiranyananti cocok sama saya atau enggak. Ehternyata waktu ngobrol langsung itu akusudah nyaman. Liat keluarganya jugamendukung sayaGa ada sih mbak, hampir semua sayabicarakan. Saya terbuka orangnya.Ya waktu ngobrol sama dia mbak,saya ngerasa nyaman. Saya juga taukeluarganya seperti apa jadi ya jalan aja.Waktu sebulan kenal itu juga sudahkeliatan karakter – karakter nya dia danaku bisa terima- Waktu ketemu yang keberapa itusudah bilang kalo misalnya calon akuini mau nikahnya nunggu ayahnyasembuh biar ayahnya yang ucapinijab kabul- Tempat tinggal nanti ya, kebetulansaya kerja di lampung tengah, dia di109

lampung jadi klo bisa bergantiannanti ke rumah ortu nya.- Ngasih kesempatan dia buat berkarirdan dekat sama orang tuanya- Kalo bisa setiap bulan ada sedekahDalam situasi dan kondisi seperti apa Untuk saat ini aku menerima calon ku,anda akan melanjutkan/tidak ke proses karakternya juga udah mulai tau setelahselanjutnyasatu bulan. Karna nyaman sama dia dandi dukung sama keluarganya juga.Keluarganya itu sering banget nyuruh –nyuruh aku main kesana terutamabibinya.B. Transkip Wawancara Subjek 2Subjek 2 : AishaHari/Waktu : Rabu, 1 Juli 2020 / 20.00 WIBMedia : TelponPertanyaanSudah berapa kali anda melakukan 2 kalita’aruf di akun ta’aruf.islami dan diluar ?Jawaban SubjekApa latar belakang yang membuat anda Sebagai bentuk ikhtiar untuk menikahmemutuskan ta’aruf di akun taaruf.islami?Sejak kapan anda memulai untukberta’aruf di akun ta’aruf.islami?Berapa lama menjani proses ta’aruf saatini dan sebelumnya?Bagaimana proses ta’aruf anda saat ini?Kalo ngefollownya udah lama, mulaita’aruf form 1 itu dari maret.Paling lama sekitar 6 minggu ya, palingsebentar 3 mingguanLagi ga ta’aruf sama siapa – siapa buatsekarang. Kalo yang pertama ituprosesnya kurang lebih dua sampai tigaminggu, setelah nadzor sayamemutuskan untuk tidak melanjutkankarena alasan pribadi masalah seleraaja mba. kalo yang terakhir itu dia nyasibuk kerja saya nya sibuk kuliah. Jadiwaktu ngobrolnya via chatting ga begitu110

banyak. Jadi agak lama prosesnya.Padahal saya mulai tertarik secarapemikiran sama dia nya sih. Kita aktifchating itu malam mbak, ada waktunganggurnya jam segituan dia nya.Karena kita ga satu domisi juga jadiwaktu nadzor itu sering di undur – undur.Apalagi lagi pandemi ya tambahdiundur. Karena juga sampai sekarangbelum ada kelanjutannya seperti apasaya agak sedikit mengabaikan aja.Saya memutuska secara sepihak ajauntuk ga melanjutkan mbak. Takut ajakalo di terusin nanti saya berharapbanyakSudah sampai pada tahapan mana Sampai nadzor ajata’aruf anda (nadzor,khitbah, prosesnikah)?Apa yang anda bicarakan saat Visi misi pernikahan, keuangan, nahberta’aruf?keuangan itu saya agak banyak ya yangdiobrolin mulai dari persiapannya sepertiapa, punya tabungan ga sekarang, nantimau investasi ga, nanti mau dikelolasepenuhnya sama saya atau berdua,ada simpanan untuk dana darurat ga.Teruuus itu ngobrolin pola asuh anak,boleh ga nanti saya asuh anak seperti iniseperti itu, tanggapan tentang tempattinggal juga, pemahaman agama sepertiapa, sama ga, sesuai ga sama saya.Mengapa anda membicarakan hal Bagi saya itu sangat krusial ketika sayatersebut?ga tau dia orang yang seperti apa. Jadisaya harus tau pemikirinnya dia, biarnanti kalo nikah saya setidaknya sayabisa mengira – ngira apa yang akanterjadi. Saya itu punya ketakutan yambak ketika seseorang itu ga punyapekerjaan. Okelah klo nanti pas setelahmenikah dia diberhentikan mungkinsaya bisa menerima tapi yang pastiwaktu mau melamar itu setidaknya diasudah punya pekerjaan walaupun ga111

Apa hal yang tidak anda bicarakankepada pada pasangan ta’aruf anda?Bagaimana anda dapat percaya denganpendapat pasangan ta’aruf anda?Hal apa yang ingin anda bicarakansebagaikesepakatanjikanantimenjadi pasangan?Dalam situasi dan kondisi seperti apaanda akan melanjutkan/tidak ke prosesselanjutnyatinggi ga apaApa yaa ga ada, paling ya aib – aibsaya yang dulu – dulu yang ga sayabicarakanMinta media sosial nya buat ngecek,track record nya dia dulu kayak gimana,sama itu loh saya ngecek nomernya diajuga aplikasi apa itu ya oh “get kontak”kan dari situ bisa tau namanya dia disave sebagai siapa. Kalo pendapatmungkin saya akan konfirmasi samateman atau keluarganya ya samaistikhoroh aja dikuat - kuatinPengelolaan keuangan, saya bolehkerja atau enggak, kalo pun saya gaboleh kerja boleh ga punya usaha,pokoknya gimana saya tetap bisaproduktif. domisi nanti kalo bisa pisahsama orang tua biar aku nya ga manjauntuk sekarang, kalo orang tua aku ataudia sudah berumur ya gak apa tinggalbarengSelama akhlak nya baik, agama nyabagus, prinsipnya kurang lebih samadan dia sudah meninggalkan yangharam saya bisa terima ya. Soal yanglain mungkin masalah selera dan kondisiaja ya nanti bisa saling melengkapi atauterlalu punya banyak kesamaanC. Transkip Wawancara Subjek 3Subjek 3 : MalaHari/Waktu : Rabu, 29 Juli 2020 / 18.34 WIBMedia : chat via whatsappPertanyaanJawaban SubjekSudah berapa kali anda melakukan 10 kali, 4 kali dikenalin teman, 6 kalita’aruf di akun ta’aruf.islami dan diluar ? ta’aruf onlineApa latar belakang yang membuat anda Karena sesuai pedoman ta'aruf ygseharusnya112

memutuskan ta’aruf di akun taaruf.islami?Sejak kapan anda memulai untukberta’aruf di akun ta’aruf.islami?Berapa lama menjani proses ta’aruf saatini dan sebelumnya?Bagaimana proses ta’aruf anda saat ini?Sudah sampai pada tahapan manata’aruf anda (nadzor, khitbah, prosesnikah)?Apa yang anda bicarakan saatberta’aruf?Mengapa anda membicarakan haltersebut?Apa hal yang tidak anda bicarakankepada pada pasangan ta’aruf anda?Bagaimana anda dapat percaya denganpendapat pasangan ta’aruf anda?Hal apa yang ingin anda bicarakansebagaikesepakatanjikanantimenjadi pasangan?Dalam situasi dan kondisi seperti apaanda akan melanjutkan/tidak ke prosesselanjutnyaMulai tahun 20184 bulan paling lamaBelum melanjutkan untuk ta’aruf lagiSebelumnya hanya sebatas nadzorSelain yang ada di CV, sayamembicarakan sikap dalam agama,pandangan kehidupan (politik dansosial), siapa ulama yg di kagumi,bacaan buku apa saja yg biasa di baca,sikap dalam pendidikan, sikapkehidupan saat menikahKarena untuk mengetahui karakter diasecara mendalamsepertinya saya membicarakansemuanya, namun belum dalam tahapsex life. Karena selama ini hanyaberkenalan dan berhenti saat nadzhor.Saya selalu meminta semua akun mediasosial dan juga jika memang berlanjutsaya ingin berkenalan dengansahabat,dan kerabatnya untukmengetahui lebih lanjutDomestik rumah tangga, pola asuhanak, ekonomi, tugas di rumah,pekerjaan, kualitas komunikasi dlmkeluarga, seharusnya juga bisabersepakatan tentang kehiupan sexual.Semua keadaan bisa mempengaruhikeputusan. Atau bisa juga tidak sepakatatas salah satu sikap diatas (yangdibicarakan)D. Transkip Wawancara Subjek 4Subjek 5 : RickyHari/Waktu : Minggu, 5 Juli 2020. 20.24113

Media : TelponPertanyaanJawaban SubjekSudah berapa kali anda melakukan 3 – 4 kali melakukan ta’arufta’aruf di akun ta’aruf.islami dan diluar ?Apa latar belakang yang membuat anda Ya karna. apa ya, ndak mau pacaran.memutuskan ta’aruf di akun taaruf.islami Pacaran itu mendekati zina, itu dilarang.Karena laki – laki yang baik hanya untuk?wanita yang baik, dan wanita yang baikhanya untuk laki – laki yang baik. Kalokita jaga diri sendiri yaa insyaAllahjodohnya pun dijaga.untuk Sejak 1 – 2 tahun setelah bekerja sekitartahun 2016 sudah mulai berta’aruf.Secara online maupun offlineBerapa lama menjani proses ta’aruf saat 1 bulan ta’aruf sama yang sekarang iniini dan sebelumnya?Bagaimana proses ta’aruf anda saat ini? Ketika memutuskan masuk form 3, sayananya – nanya tentang yang ada di CVdan diluar CV. Karena gak pernahketemu gak pernah liat orangnyagimana, kebetulan ada temen yangkenal dan dikasih tau orang nya gini –gini oh kira – kira “cocok nih” . Karenabelum liat orangnya kayak gimana,penasaran kan yaudah lanjutin aja.Disuruh datang kerumahnya ya,langsung kenalan sama orang tuanya.Yaudah di datangin. Ya ngobrol –ngobrol meskipun waktu itu ga berani liatmuka orangnya kayak gimana deh.Ngomongya sama orang tuanya aja jadi.Sejak kapan anda memulaiberta’aruf di akun ta’aruf.islami?Awal juni kenalan, pertengahan junidisuruh datang kerumah. Sudah selesaipertemuanpertamadirumahnya,gantian pertemuan kedua saya suruhdatang kerumah . nemuin bapa samamama biar orang tua bisa menilai.Setelah itu saya tanya sama orang tuanilainya gimana, dibilang bagus ajaa disupport aja. Yaudah kita omongin114

serius, istikhoroh lagi minta waktuseminggu dua minggu udah bismilahsiap, tinggal pertemuan orang tuakeduanya.Pertemuan kedua orang tua kenalan,orang tua sama – sama udah tau,berikut – berikutnya tinggal dibalikin keanak – anaknya lagi mau lanjut prosesnya kayak gimana. Pertemuan orang tuake dua langsung lamaran, nentuintanggalnya kapan.Sudah sampai pada tahapan mana Sekarang proses nikahta’aruf anda (nadzor,khitbah, prosesnikah)?Apa yang anda bicarakan saat Visi misi rumah tangganya mau dibawakearah mana, terus tujuan pernikahan,berta’aruf?siap ga ikut kemana aja, dia mau tipeyang berkarir atau yang jadi rumahtanggaMengapa anda membicarakan hal cari yang satu pemikiran sama saya biartersebut?ga terlalu banyak konflik nanti. Itu jugakalo bisa cari yang satu golongan ataualiran karena satu golongan itu kan beda– beda pemikirannya.Apa hal yang tidak anda bicarakan Ta’aruf itu kan ga boleh ditutup – tutupinya jadi semuanya terbuka dan ketikakepada pada pasangan ta’aruf anda?proses ta’aruf kedua belah pihak ituharus sepakat semua yang dibicarakanitu cuman diketahui di forum itu gakeluar dari situ gak boleh ada tau. Kalosampai membocorkan itu artinyaberkhianat sama perantaranya. Jadi kloyang namanya ta’aruf ya di buka sejujur– jujurnya, klo pun ga ada yang disukainanti akhirnya ya disampaikan, ga sukakenapa ya berakhir disitu.Bagaimana anda dapat percaya dengan Saya nanya temen kantor. Itu adapendapat pasangan ta’aruf anda?fiqihnya. Yaa kalo mau cari tau oranglain itukan ada beberapa hal, kan kaloumar bilang itu sih dalam halperniagaan, tiga hal orang itu bisadipercaya atau enggak itu kalo kitapernah perjalan jauh lebih dari tiga hari,115

Hal apa yang ingin anda bicarakansebagaikesepakatanjikanantimenjadi pasangan?Dalam situasi dan kondisi seperti apaanda akan melanjutkan/tidak ke prosesselanjutnyapernah ga kita punya hubungan jual belisama orang itu, trus satu nya apa lagiyaa lupa. Jadi ya karena saya ga tau yakonfirmasi sama yang kenal. Orangyang kenal ini orang yang harus kitapercayai juga.Ya disesuikan, saya mau cari jodohyang kayak gimana. Kalo sekarang sayasesuaikan sama kondisi kerja karenakerja saya sekarang itu bisa aja keseluruh negeri gituSesuai kriteria pribadi ya. Kondisionallah.E. Transkip Wawancara Subjek 5Subjek 5 : LiaHari/Waktu : Minggu, 5 Juli 2020 / 09.10 WIBMedia : TelponPertanyaanJawaban SubjekSudah berapa kali anda melakukan Pertama kalita’aruf di akun ta’aruf.islami dan diluar ?Apa latar belakang yang membuat andamemutuskan ta’aruf di akun taaruf.islami?Sejak kapan anda memulai untukberta’aruf di akun ta’aruf.islami?Berapa lama menjani proses ta’aruf saatini dan sebelumnya?Mencari pasangan yang sekufuKalo ada niatan pengen nikah itu tahun2017, mulai ada niatan ta’aruf nya 2019Kurang lebih satu bulan beberapa mbakdari awal kenal sampai memutuskanmenikah itu. Cukup cepat ya sayaprosesnyaBagaimana proses ta’aruf anda saat ini? Awalnya tukeran CV via admin, teruskita diskusi di form 3, ga lama setelah itusaya tau dia temen nya temen saya dikantor. Saya tanya – tanyalah samatemen saya itu. Yaudah terus sayamemutuskan buat nadzor dan sayasuruh dia ke rumah saya, orang tuasupport ya waktu itu. Terus saya116

kerumah dia buat kenalan sama orangtua calon. Sejak itu kita udah gakomunikasi via grup lagi jadi lebih seringinterkasi langsung sama keluarga dancalonnya. Tapi tetep ada pihak ketiga yambak.pihak ketiga disini ya melaluiorang tua masing – masing

Lampiran II : CV Form 1&2 Peserta Ta’aruf A. Subjek 1 : Sandi Form 1 : Sandy Jenis kelamin Laki - laki Tahun lahir 1996 Anak ke/dari 2 dari 3 bersaudara Tinggi/berat badan 170/78 Warna kulit Sawo Matang Pekerjaan Karyawan swasta Status Single Suku Lampung Kota asal Bandar Lampung Domisili Lampung Tengah Pendidikan S1 teknik informatika